Logo

Vaksin Sinovac ? Apakah aman digunakan ? [Fakta Penting Vaksin COVID-19]

Oleh Admin - Sel, 09 Mar 2021 15 Views 0 Comment
Sosial vaksin-sinovac-apakah-aman-digunakan-fakta-penting-vaksin-covid-19

ilustrasi vaksinasi virus Covid-19
sumber : freepik

Kehadiran Virus Corona tentu sangat meresahkan seluruh lini kehidupan. Manusia menjadi lebih terbatas dalam melakukan kontak dan mengurus berbagai hal baik di dalam dan luar negeri. Sudah setahun lebih kita merasakan efek dari pandemic ini, dan telah sekian waktu juga yang dihabiskan dalam menemukan penangkal / vaksin virus ini. Kini akhirnya pemerintah mendatangkan 3 juta vaksin Covid-19 dari China yang diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd. Pengiriman dilakukan dalam 2 tahapan yaitu sejumlah 1,2 Juta dosis Vaksin yang telah tiba pada 6 Desember lalu dan 1,8 Juta Dosis sampai di Indonesia pada 31 Desember 2020. Namun walaupun vaksin kini telah tersedia, masih banyak masyarakat yang ragu dan takut untuk menerima vaksinasi. Lalu apakah vaksin covid dari sinovac aman digunakan ? dan apa saja manfaat dari vaksin ini ?

 

Vaksin Covid-19

Vaksin bukanlah obat yang diberikan saat seseorang sedang sakit agar mereka sembuh, namun vaksin ditujukan bagi orang dalam kondisi sehat agar memiliki kekebalan. Kekebalan bukan berarti menghilangkan seluruh resiko. Tetap saja bergantung pada kekebalan tubuh masing-masing orang. Karena hal ini, badan regulasi melakukan pengecekan yang lebih ketat terhadap kelayakan dan keamanan vaksin covid-19. Vaksin juga tentunya sudah melalui proses uji coba pada hewan dan manusia serta harus melampirkan jumlah data berskala besar.

 

Apakah Vaksin Covid-19 memiliki efek samping?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa segala jenis obat memiliki efek samping dan respon yang berbeda di setiap tubuh orang yang mengkonsumsinya. Jikan konteks “aman” diartikan sebagai tanpa efek samping, maka vaksin ini tidak dapat dikatakan demikian. Setiap obat yang efektif memiliki efek yang tidak diinginkan. Vaksin Covid-19 aman karena memiliki keseimbangan antara efek yang tidak diinginkan dengan manfaatnya yang ada. “Aman bukanlah hal yang mutlak, aman adalah dalam konteks penggunaan,” ucap Profesor Stephen Evans dari London School of Hygiene and Tropical Medicine kepada BBC. Hasil evaluasi menunjukkan Vaksin Covid-19 aman dengan kejadian efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, indurasi (iritasi), kemerahan dan pembengkakan. Selain itu terdapat efek samping sistemik berupa myalgia (nyeri otot), fatigue, dan demam,” tutur Kepala Badan POM. Jadi sesungguhnya efek samping itu wajar ada sebagai efek tubuh terhadap reaksi obat.

 


Manfaat Vaksin Covid-19

Terlepas dari banyaknya isu yang beredar di masyarakat, vaksin covid sesungguhnya memiliki manfaat yang dapat diperoleh. Apa saja manfaatnya?

 

  • Meminimalisir Dampak Ekonomi dan Sosial

Sejak virus corona mewabah, seluruh perekonomian dan tatanan sosial berubah. Perekonomian mengalami penurunan yang signifikan. Kegiatan sosial juga menurun karena adanya pembatasan berupa psbb yang dirancang pemerintah. Dengan hadirnya vaksin covid ini diharapkan dapat meminimalisir dampak yang terjadi di sekor perekonomian dan social. Saat sebagian masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dalam melawan Covid-19 tentu saja kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian dan social dapat kembali seperti semula.

 

  • Menurunkan Angka Kematian Akibat Covid-19

Vaksin ini memang memiliki tujuan utama menekan jumlah pengidap covid. Cara kerja vaksin ini adalah dengan memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona. Walaupun terjadi penularan, seseorang yang sudah divaksin, tubuhnya akan dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit ataupun meninggal akibat Covid-19 akan menurun.

 

  • Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok

Herd immunity merupakan suatu istilah yang menunjukan terciptanya kekebalan kelompok. Hal ini sangat memungkinkan jika 70% dari populasi penduduk dalam negara sudah divaksin. Solusinya adalah dengan pemberian vaksin secara massal. Dengan semakin banyaknya orang yang mampu divaksin, menciptakan lingkungan yang juga aman bagi orang-orang yang tidak bisa divaksin seperti lansia di atas 70 tahun, bayi, ataupun penderita kelainan sistem imun.

 

Dari rangkuman informasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa vaksin covid membawa banyak manfaat, bahkan untuk kepentingan orang banyak. Meski banyak isu yang belum jelas kebenarannya, anda tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Sembari menunggu pembagian vaksin secara menyeluruh, tetaplah menjaga protokol kesehatan. Jangan khawatir, seluruh berkas perizinan anda tetap dapat diurus tanpa anda harus keluar rumah, Projasa dapat membantu mengatasi segala kendala anda. Konsultasi lebih lanjut, hubungi kami di kontak yang tertera pada bagian bawah halaman.

Projasa  #partnerbisnisanda

 

Tinggalkan Komentar