Logo

Ingin Membuat Desain dan Gambar Bangunan yang Baik? Berikut 5 Tips Mencari Arsitek yang Benar!

Oleh Admin - Jum, 02 Jul 2021 4 Views 0 Comment
Tips Perizinan ingin-membuat-desain-dan-gambar-bangunan-yang-baik-berikut-5-tips-mencari-arsitek-yang-benar

Bagi yang berencana membangun rumah, menggunakan jasa arsitek rumah bisa sangat membantu. Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, jasa arsitek rumah akan menguntungkan proses perencanaan perumahan. Ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa arsitek yang tepat.

  1. Jasa Arsitek Bersertifikat
    Kredibilitas salah satu arsitek ditentukan oleh sertifikat arsitek. Dengan sertifikasi arsitek, pengetahuan, kemampuan, metode kerja dan keterampilan dalam ruang lingkup desain dan perencanaan arsitektur semuanya mencapai standar. Di Indonesia sendiri, organisasi yang memberikan SKA (Sertifikasi Keahlian Arsitek) bagi arsitek adalah IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) yang berafiliasi dengan LPJKN (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional).
    Arsitek memiliki 13 poin kompetensi standar untuk mendapatkan Sertifikasi Keahlian Arsitek. Poin-poin tersebut menjadi standar dan tolak ukur keahlian seseorang di bidang konstruksi. Pastikan ketika Anda berencana menggunakan jasa arsitek rumah, jasa arsitek tersebut sudah memiliki sertifikat profesi arsitek.
    Hal ini harus dilakukan demi keamanan dan kesuksesan proyek pembangunan rumah Anda.
  2. Lihat Portofolio Layanan Arsitek
    Pengalaman kerja jasa arsitek rumah dapat dilihat dari portfolio proyek sebelumnya. Dengan meninjau dan mengamati portofolio investasi, Anda dapat memastikan bahwa layanan arsitektur yang akan Anda gunakan memenuhi preferensi Anda. Selain itu, kualitas dan kuantitas pekerjaan portofolio sebelumnya dapat menunjukkan karakteristik arsitek, yang mungkin sesuai atau tidak sesuai dengan selera Anda.
    Pastikan Anda memilih arsitek dengan jenis latar belakang arsitektur yang tepat. Misalnya, jika Anda berencana membangun rumah pribadi, disarankan untuk memilih arsitek yang ahli dalam mendesain rumah pribadi. Bukan seorang arsitek yang berlatar belakang desain bangunan komersial seperti restoran dan bandara.
  3. Pelajari Tentang Testimonial Pelanggan Sebelumnya
    Ulasan atau rekomendasi pelanggan sebelumnya tentang arsitek rumah dapat digunakan sebagai indikator apakah jasa arsitek rumah cocok untuk Anda. Rekomendasi ini biasanya cukup untuk menggambarkan bagaimana arsitek rumah masa depan yang akan Anda sewa akan bekerja. Apakah hasil akhirnya bagus, apakah jadwal kerja tepat waktu, dan biaya arsitek rumah adalah beberapa informasi yang bisa Anda pelajari dari rekomendasi klien sebelumnya.
    Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kepuasan dan kekecewaan pelanggan sebelumnya akan membuat masyarakat memiliki emosi dan opini terhadap pelayanan arsitek.
  4. Lihatlah Karakternya
    Di era teknologi informasi sekarang ini, sangat mudah untuk menemukan sikap dan karakter arsitek. Ya, salah satu rahasia menemukan seorang arsitek adalah melihat apakah kepribadiannya pendiam, apakah ia memiliki emosi seperti ledakan, keceriaan, dll. Semua itu bisa Anda dapatkan melalui akun media sosial Anda, dan di platform ini Anda bisa menilai karakternya.
    Manfaat memahami kepribadian seorang arsitek adalah untuk menyesuaikan dengan kepribadian Anda hingga Anda bisa berdiskusi dengan baik dan benar agar rumah yang Anda impikan bisa dibangun dengan nyaman dan indah dalam jangka panjang. Jadi bayangkan jika arsitek yang Anda sewa adalah kebalikan dari kepribadian Anda.
  5. Kecocokan Antara Seorang Arsitek dengan Anda
    Di antara semua teknik menemukan arsitek, teknik ini sangat unik, tidak ada hubungannya dengan teknologi. Sama seperti Anda mencari kekasih, tentu beberapa perasaan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Begitu pula saat mencari jasa arsitek, hubungan yang baik harus diciptakan sejak awal pertemuan.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau bahkan menemui banyak kendala saat kontrak kerja belum ditandatangani, maka sebaiknya Anda mencari jasa arsitek lain. Oleh karena itu, tips bagaimana menemukan jasa arsitek yang tidak hanya terbaik tetapi juga mampu bekerja sama dengan Anda sangat penting untuk dipahami. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan kepada orang-orang yang pernah menggunakan jasa arsitek sebelumnya, dan mereka pasti akan memberikan saran serta membagikan pengalamannya.

Salah satu syarat pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah adanya gambar IMB. Gambar IMB biasanya dibuat oleh seorang arsitek. Setelah proses menggambar denah diselesaikan oleh arsitek tersebut, Anda akan mendapatkan kerangka kerja terperinci yang digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan IMB dan pengajuan akan diproses dalam waktu kurang lebih 15 hari kerja.

Projasa tidak hanya melayani jasa pengurusan dokumen IMB rumah tinggal dan usaha (gedung kantor, toko, hotel, villa, dll.), namun juga melayani jasa pembuatan gambar IMB hingga Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan. Projasa adalah salah satu layanan jasa terlengkap, transparan, termurah, dan terpercaya di Indonesia yang berpusat di Bali, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa kami. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di bawah atau hubungi kami di: https://projasa.co.id/id/contact

Tags:

Tinggalkan Komentar

Popular Tags