Logo

7 Strategi Pemasaran Bagi Pelaku Bisnis Pemula, Nomor 5 Sering Diterapkan Merek Ternama Dunia

Oleh Admin - Jum, 23 Jul 2021 2 Views 0 Comment
Tips Bisnis 7-strategi-pemasaran-bagi-pelaku-bisnis-pemula-nomor-5-sering-diterapkan-merek-ternama-dunia

Di era digital ini, jika bisnis Anda tidak menerapkan prinsip-prinsip strategi digital marketing, Anda akan tertinggal. Oleh karena itu, para pelaku bisnis saat ini harus mengetahui dan memahami seperti apa strategi digital marketing yang dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnisnya. Anda bisa membandingkan pengusaha yang menerapkan strategi digital marketing dengan yang tidak.

Pemasaran digital telah menjadi bagian dari perusahaan, apakah itu bisnis kecil atau perusahaan besar. Pemasaran digital dapat membantu para pebisnis mengembangkan bisnisnya lebih cepat, karena cara ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya itu, dalam penerapan digital marketing, para pelaku bisnis juga dapat memilih pasar yang tepat dan benar-benar mengubah penawaran menjadi pembelian.

Berikut adalah 7 strategi pemasaran digital dasar yang dapat dilakukan dengan mudah oleh pebisnis pemula:

1. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan langkah pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial. Dalam teknik ini, pemilihan media sosial menjadi poin penting yang tidak bisa diabaikan. Hampir semua orang di planet ini memiliki media sosial untuk berinteraksi.
Berbagai langkah promosi dapat Anda lakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Namun sebagai langkah awal, pahami dulu bagaimana masing-masing media sosial bekerja, siapa penggunanya dan bagaimana mereka berinteraksi. Konten yang dibuat dapat berupa judul dengan kualitas terbaik foto produk, video, animasi, infografis, kombinasi video dan judul, banner, dll.

Seiring waktu, Anda akan segera mengetahui media sosial mana yang tepat untuk produk Anda dan langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan agar strategi promosi yang Anda inginkan berhasil. Jika Anda memiliki dana atau anggaran iklan lebih, Anda bisa memanfaatkan fasilitas periklanan yang disediakan oleh masing-masing media sosial, seperti memasang iklan di Instagram ads atau Facebook ads.

2. Email Marketing

Email marketing merupakan teknik pemasaran yang dapat diterapkan dan dikirimkan kepada calon pelanggan bisnis melalui layanan email. Anda hanya perlu membuat email yang tepat dan mengirimkannya ke orang yang tepat (target market) agar bisa dibuka. Untuk secara pribadi mempromosikan dan membangun ikatan yang lebih baik dengan pelanggan potensial dan setia adalah dengan mengirim pemasaran email.

Salah satu metode pemasaran email yang paling banyak digunakan disebut pemasaran newsletter. Pemasaran newsletter adalah fitur pemasaran email modern yang memungkinkan pelanggan mendapatkan pembaruan terkini dari situs web yang mempromosikan produk atau layanan. Cara mengaktifkan newsletter sangat sederhana.

Dari database alamat email yang dikumpulkan, yang harus Anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam pengaturan situs. Ketika ada pembaruan baru di situs web, pemasaran email akan dilakukan secara otomatis dengan mengirimkan newsletter ke alamat email yang terdaftar.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu teknik paling populer dalam pemasaran digital. SEO bertujuan untuk mengoptimalkan website komersial di Google agar bisa tampil di halaman pencarian utama. Hal ini bertujuan agar situs bisnis lebih mudah ditemukan, sehingga membuat situs lebih banyak dikunjungi.

Dalam SEO, Anda akan membuat konten artikel dan memasukkan beberapa kata kunci terkait bisnis di dalamnya. Kata kunci tersebut dapat diteliti terlebih dahulu, sangat cocok dan dapat mendatangkan trafik yang tinggi. SEO atau optimasi mesin pencari menjadi istilah populer, yang terkait dengan situs web atau peringkatnya di mesin pencari.
Beberapa teknik SEO yang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula:

  • Backlink
    Tautan di situs web orang lain mengarah ke situs web Anda.
  • Outbound Link
    Tautan dari situs web orang lain disertakan di situs web Anda.
  • Internal Link
    Tautan yang menghubungkan satu konten ke konten lain di situs web Anda sendiri.
  • White Hat, Grey Hat, dan Black Hat SEO
    Ini adalah teknik SEO yang bisa digunakan. Namun, sebaiknya hindari menggunakan teknik black hat SEO karena sangat berbahaya bagi website Anda.

Jika Anda kesulitan menerapkan teknik SEO, Anda bisa menghubungi Projasa di Bali, Surabaya, dan Jakarta atau hubungi kami di https://projasa.co.id/

4. PPC (Pay Per Click)

PPC adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan memasang iklan pada media tertentu. Anda hanya perlu memilih media yang tepat dan menempatkan iklan Anda di sana sehingga calon pelanggan dapat melihat iklan dengan lebih mudah. Jika dana Anda cukup besar untuk dialokasikan sebagai dana promosi digital, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar.

Saat menjalankan iklan berbayar, baik Anda menggunakan iklan media sosial, Google Ads, dll, pastikan untuk memperhatikan tiga hal penting berikut, yaitu pengunjung, anggaran, dan komersialitas.

5. Content Marketing

Content marketing merupakan teknologi digital marketing yang dapat diterapkan dengan membuat dan mendistribusikan konten bisnis. Namun, dalam teknologi ini, perusahaan perlu menghasilkan konten berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan dasar, yaitu: relevan, penting, dan konsisten. Membuat konten yang relevan saja tidak cukup, karena konten juga harus memiliki elemen penting yang diketahui atau dilihat oleh calon konsumen.

Ini akan membuat mereka tertarik dan melihat konten secara lengkap sebelum melakukan pembelian.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing sudah lama dikenal dan banyak diminati di bidang pemasaran. Untuk pengaruh global, perusahaan dapat memilih Lazada, Amazon, Blibli, dll. Melalui keanggotaan ini, Anda dapat mengundang pelanggan platform untuk mempromosikan bisnis Anda ke teman-teman mereka bahkan pengikut di media sosial.

7. Google Bisnisku (Google My Business)

Google Bisnisku adalah layanan komersial yang dirilis oleh Google, di mana Anda dapat memperkenalkan bisnis Anda secara profesional kepada publik. Dalam layanan ini, Anda dapat menyertakan detail bisnis, termasuk alamat dan kontak lengkap, ulasan pelanggan, dll. "Google Bisnisku" adalah aplikasi gratis yang membantu Anda memperkenalkan bisnis Anda ke berbagai produk Google, seperti halaman pencarian dan Maps.

Learn and Choose The Right One

Inilah 7 strategi pemasaran digital dasar yang bisa dilakukan dengan mudah oleh para pebisnis pemula. Artinya, meskipun Anda tidak terbiasa dengan pemasaran digital dan online, jangan khawatir. Tujuh strategi dasar ini sangat mudah dipelajari dan diterapkan.

Penerapan pemasaran digital dalam bisnis sangat umum. Selama ini banyak ditemukan teknik digital marketing dengan berbagai keunggulannya. Pastikan setiap pebisnis pemula dapat menemukan dan mempelajari setiap strategi pemasaran.

Projasa menyediakan jasa digital marketing terlengkap di Indonesia. Jasa digital marketing yang disediakan antara lain layanan Social Media Marketing (Facebook & Instagram), SEO, PPC (Facebook, Instagram, & Google), dan Google Bisnisku. Silahkan komen di bawah bila ada pertanyaan atau konsultasi gratis dengan kami di https://projasa.co.id/id/contact

Tags:

Tinggalkan Komentar

Popular Tags